Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang

Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes RI Semarang berada di Kampus III Poltekkes Semarang yang berada di Jalan Wolter Monginsidi No. 155 Pedurungan Semarang. Prodi DIII Analis Kesehatan  merupakan prodi baru yang dibuka pada tahun 2009 setelah Keperawatan, Kebidanan, Keperawatan Gigi, Kesehatan Lingkunga, Gizi, Radiologi.

Jurusan Analis Kesehatan merupakan jurusan yang menciptakan tenaga profesional di bidang laboratorium. Analis kesehatan atau pranata laboratorium adalah bagian dari profesi di bidang kesehatan. Analis kesehatan merupakan petugas yang bekerja di laboratorium untuk melakukan pemeriksaan lab sebagai menegakkan diagnosa dokter.

Seorang analis harus memiliki ketrampilan dan tanggung jawab yang tinggi dalam pemeriksaan sampel. Hal ini berhubungan dengan adanya risiko yang fatal jika terjadi kesalahan. Profesi apapun sudah semestinya dilakukan dengan ketulusan. Seperti juga menjadi seorang analis yang berhubungan dengan nyawa manusia. Mata kuliah yang harus dikuasai terdiri dari Hematologi, Kimia Klinik, Parasitologi, Bakteriologi, Sitohistoteknologi, Analisa Kimia Makanan, Analisa Air, Biologi Molekuler, Kimia Farmasi, Kimia Analitik, Imunoserologi.

Tinggalkan komentar